PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI CALISTUNG DI DESA PULAU PADANG GUNA MENUNJANG PERTUMBUHAN GENERASI Z

  • Arini Safitri
  • Delvitri Ramadhani
  • Ropika Nengsi
  • Bustanur Bustanur
  • Nofri Yuhelman
Keywords: pendampingan, literasi, generasi z, calistung

Abstract

Pengabdian ini bertujuan membimbing anak-anak untuk mengenal huruf alphabet dan angka guna menunjang pertumbuhan generasi Z. Serta meningkatkan minat anak untuk belajar melalui pendampingan kegiatan literasi calistung di desa pulau padang. Metode pengabdian yang diterapkan dalam kegiatan ini yaitu dengan pendekatan tematik atau penerapan yang dilakukan dengan tema yang berbeda-beda. Peserta dari kegiatan ini terdiri dari anak-anak sekolah dasar yang ada di desa pulau padang, dan penerapan ini dilaksanakan pada bulan maret tahun 2023. Pada umumnya anak-anak tidak begitu memahami membaca, menulis, dan menghitung, khususnya membaca bagi anak-anak sekolah dasar. Ada beberapa anak yang pintar dalam menghitung maupun menulis, namun masih ada beberapa anak yang masih kesulitan dalam calistung (baca,tulis,hitung). Hasil dari pengabdian ini anak-anak yang mulanya belum mampu membaca dan berhitung kini perlahan anak-anak tersebut dapat memahami huruf-huruf abjad serta angka dalam berhitung secara tepat.

Kata kunci: pendampingan, literasi, generasi z, calistung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harling, Vina N. Van, Sony Romalutur, and Markus Dwiyanto Tobi, ‘Pendampingan Peningkatan Literasi Baca Tulis Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Suprau Distrik Maladum Mes’, Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4.3 (2021), 577–84 <https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11579>

Istiyani, Dwi, ‘Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) Pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Pekalongan’, Jurnal Penelitian, 10.1 (2014) <https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.351>

Los, Unidad Metodología D E Conocimiento D E, ‘PELAKSANAAN LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA R.’, 6.April 2022, 142–51

Ken goodmasn, yeta goodman, “Whole Language: What's the Difference?’, (1990), Heinemann.

Published
2023-06-27
Abstract viewed = 211 times
PDF downloaded = 108 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>