PENGGUNAAN METODE PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN KEFASIHAN MAKHARIJUL HURUF HIJAIYYAH SANTRI/SANTRIWATI DI BAITUL QUR’AN AHSAN AR RAHMAH SENTAJO RAYA
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunan Metode Peer Tutoring untuk meningkatkan kefasihan Makharijul Huruf Hijaiyyah santri/santriwati di Baitul Qur’an Ahsan Ar-Rahmah Sentajo Raya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan penggunaan Metode Peer Tutoring dapat meningkatkan kefasihan Makharijul Huruf Hijaiyyah santri/santriwati di Baitul Qur’an Ahsan Ar-Rahmah Sentajo Raya?. Penelitian ini dimulai dari merancang desain penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh santri/santriwati pada tingkatan Iqro 4, 5, dan 6 di Baitul Qur’an Ahsan Ar-Rahmah Sentajo Raya dengan objek pada penelitian ini adalah penerapan Metode Peer Tutoring untuk meningkatkan kefasihan Makharijul Huruf Hijaiyyah santri/santriwati di Baitul Qur’an Ahsan Ar-Rahmah Sentajo Raya. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa: penerapan Metode Peer Tutoring dapat meningkatkan kefasihan Makharijul Huruf Santri/santriwati di Baitul Qur’an Ahsan Ar-Rahmah Sentajo Raya. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata rata kefasihan Makharijul Huruf Hijaiyyah Pra Siklus dari 24 anak didik (14 anak didik tidak tuntas) persentase ketuntasan (69,79%), Siklus I (7 anak didik tidak tuntas) persentase ketuntasan (82,33%), Siklus II (semua anak didik tuntas) persentase ketuntasan (90,08%), dan Tes Akhir semua materi dari Siklus I sampai Siklus II (semua anak didik tuntas) persentase ketuntasan (91,41%).