PENGGUNAAN METODE PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN KEFASIHAN MAKHARIJUL HURUF HIJAIYYAH SANTRI/SANTRIWATI DI BAITUL QUR’AN AHSAN AR RAHMAH SENTAJO RAYA

  • Delita Murni Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Helbi Akbar Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Metode Peer Tutoring, Makhaijul, Huruf Hijaiyyah

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunan Metode Peer Tutoring untuk meningkatkan kefasihan Makharijul Huruf  Hijaiyyah santri/santriwati di Baitul Qur’an Ahsan Ar-Rahmah Sentajo Raya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan penggunaan Metode Peer Tutoring dapat meningkatkan kefasihan Makharijul Huruf  Hijaiyyah santri/santriwati di Baitul Qur’an Ahsan Ar-Rahmah Sentajo Raya?. Penelitian ini dimulai dari merancang desain penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh santri/santriwati pada tingkatan Iqro 4, 5, dan 6 di Baitul Qur’an Ahsan Ar-Rahmah Sentajo Raya dengan objek pada penelitian ini adalah penerapan Metode Peer Tutoring untuk meningkatkan kefasihan Makharijul Huruf  Hijaiyyah santri/santriwati di Baitul Qur’an Ahsan Ar-Rahmah Sentajo Raya. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa: penerapan Metode Peer Tutoring dapat meningkatkan kefasihan Makharijul Huruf  Santri/santriwati di Baitul Qur’an Ahsan Ar-Rahmah Sentajo Raya. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata rata kefasihan  Makharijul Huruf Hijaiyyah Pra Siklus dari 24 anak didik  (14 anak didik tidak tuntas) persentase ketuntasan (69,79%), Siklus I (7 anak didik tidak tuntas) persentase ketuntasan (82,33%),  Siklus II (semua anak didik tuntas) persentase ketuntasan (90,08%), dan Tes Akhir semua materi dari Siklus I sampai Siklus II (semua anak didik tuntas) persentase ketuntasan (91,41%).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-12
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>