PENGARUH PENERAPAN METODE MUROJA’AH TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA KELAS V PROGRAM TAHFIZHUL QUR’AN DI MI SIROJUTTHOLIBIN DESA SIMPANG RAYA
Abstract
Skripsi penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa kelas V program tahfizhul Qur’an di MI Sirojuttholibin yang tidak dapat mencapai target yang telah ditentukan oleh pihak lembaga pendidikan. Target hafalannya yaitu 1 juz dalam waktu 1 tahun. Maka perlu dilakukan penelitian terkait pengaruh penerapan metode muroja’ah terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas V program tahfizhul Qur’an di MI Sirojuttholibin Desa Simpang Raya. Adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan metode muroja’ah terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas V program tahfizhul Qur’an di MI Sirojuttholibin Desa Simpang Raya. Dengan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan sampel penelitian berjumlah 21 orang. Eksperimen yang digunakan Pre Eksperimental Design dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest. Adapun hasil penelitiannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode muroja’ah terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas V program tahfizhul Qur’an di MI Sirojuttholibin Desa Simpang Raya, karena dilihat dari nilai thitung > ttabel yaitu dengan nilai thitung 18.506 dan nilai ttabel 2.08596. Dengan nilai hitung Shapiro-Wilk pretest 0.001 dan posttest 0.092 yang artinya lebih besar dari 0.05. Nilai rata-rata N-Gain sebesar 0.5615, maka presentase pengaruh Metode Muroja’ah terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an pada penelitian ini adalah 56.15 % dan masuk dalam kategori cukup efektif.