TATA KELOLA LAHAN PARKIR DI PASAR TRADISIONAL BERBASIS MODERN KOTA TELUK KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Yoga Swara Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Retni Pratiwi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Tata Kelola, Lahan Parkir, Pengetahuan, Strategi

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk Kabupaten Kuantan Singingi berpengaruh pada tingginya frekuensi kegiatan di pusat-pusat perniagaan seperti pasar tradisional, serta permintaan jasa transportasi yang semakin tinggi. Dengan semakin banyak dan berkembangnya alat transportasi darat, maka kebutuhan akan lahan parkir semakin luas.Penyebabnya karena sebagian besar masyarakat banyak menggunakan kendaraan. Oleh Karena itu berdasrkan fakta tersebut peneliti ingin mengetahui penyebab serta tanggapan masyarakat maka peneliti menggunakan metode kualitatif, berdasarkan hasil kesimpulan dimana tata kelola lahan parkir di pasar tradisional berbasis modern Teluk Kuantan dimana kondisi parkir tidak teratur serta tidak nyaman karna para petugas parkir yang jusru membuka lahan parkir di bahu-bahu jalan hal ini di sebabkan karena tidak adanya rambu-rambu pelarangan parkir dan rambu-rambu pengarah parkir serta lokasi parkir di area tersebut, startegi yang digunakan dalam menangani permasalahan tersebut yakni dengan memanfaatkan fasilitas yang saat ini belum tersedia seperti pemberian rambu-rambu pelarangan serta petunjuk parkir dan memanfaatkan  lahan-lahan kosong yang tidak dimanfaatkan maka dapat dijadikan lokasi peralihan  yang sebelumnya tidak teratur menjadi lebih tertata.

References

Armaditya, Yoas. 2016. Analisa Karakteristik dan Persepsi Pengunjung Terhadap Fasilitas Parkir Solo Grand Mall Surakarta. Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret.

Dani, Imron dkk. 2015. Penataan Lahan Parkir di Pasar Melati Puring Parit Baru Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Fakultas Teknik Sipil Universitas Tanjung Pura.

Hanser, D. A. 2010. Hipotetical Bias Choice Experiment and Willingness To Pay. University Of Sydney.

Harpito. 2018. Analisis Kapasitas dan Karakteristik Fasilitas Parkir Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Hobbs, F D. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Edisi Kedua. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Iqbal, Muhammad. 2010. Penataan Parkir pada Kawasan Pasar Sungai Durian Kabupaten Sintang (skripsi). Universitas Tanjungpura: Pontianak.

Irawan, Beni dkk. 2014. Analisis Karakteristik Parkir pada Universitas Pasir Pengairan. Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengairan.

Munawar, A. (2006). Manajemen Lalulintas Perkotaan. Yogyakarta: Beta Offset

Munawar, A. (2011). Dasar-dasar Teknik Transportasi. Yogyakarta: Beta Offset

Rizky, Muhammad dkk. 2018. Eksplorasi Kesediaan Membyar Parkir Mahasiswa Menggunakan Stated Preference Survey. Fakultas Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan.

Saribudi, Andri. 2008. Analisa Kebutuhan Lahan Parkir pada RSU. Pringadi Medan. Fakultas Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara.

Setiawan, Rudy. 2017. Perbedaan Fasilitas Parkir Untuk Mendorong Mahasiswa Berkendara Bersama Kekampus. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Kristen Petra. 87 Universitas Sriwijaya

Surijani, Lydia. 2013. Analisis Ruang Parkir Pasar Sentral Gorontalo. Fakultas Teknik Universitas Gorontalo. Tamin, O. Z, (1997), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Edisi Pertama Penerbit ITB,Bandung.

Tamin, O. Z, (2000), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Edisi Kedua Penerbit ITB,Bandung.

Tamin, O. Z, (2003), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Edisi ketiga Penerbit ITB,Bandung.

Tamin, Ofyyar. Z. 2008. Perencanaan,Pemodelan Dan Rekayasa Transportasi. ITB: Bandung.
Published
2023-07-26