PENYULUHAN PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN BUDIDAYA KACANG TANAH DI DESA KINALI KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Chezy WM Vermila
  • Meli Sasmi
  • Jamalludin Jamalludin
  • Haris Susanto
  • Andi Alatas
  • Mashadi Mashadi
  • Nariman Nariman
  • Eldipama Kesambamula
Keywords: Kacang Tanah, Pengelolaan, Petani

Abstract

Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk 1) memberikan penyuluhan dan pengetahuan serta  keterampilan untuk mengembangkan budidaya kacang tanah, 2) untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai pengelolaan kacang tanah yang ada di Desa Kinali. metode penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan terhadap kelompok tani yang ada didesa Kinali. Bagaimana agar petani dapat mengetahui Bagaimana cara pengembangan dan Pengelolaan Budidaya Kacang Tanah yang sesuai dengan kondisi didaerah mereka yang belum merka ketahui. metode penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan terhadap kelompok tani yang ada didesa Kinali. Bagaimana agar petani dapat mengetahui Bagaimana cara pengembangan dan Pengelolaan Budidaya Kacang Tanah yang sesuai dengan kondisi didaerah mereka yang belum merka ketahui. Sebagai bahan pangan, biji kacang tanah memiliki manfaat yang sangat banyak bagi makanan manusia, makanan ternak, bahan minyak goreng dan kandungan proteinnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Semakin meningkatnya kebutuhan tentang bahan kacang tanah menyebabkan harus adanya solusi untuk membuat budidaya kacang tanah, yang dapat menghasilkan produksi panen yang lebih banyak dari sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwilaga, A. 1992. Ilmu Usahatani. Bandung: Alimni.

Adisarwanto, A. A. 2000. Meningkatkan Produksi Kacang Tanah di Lahan Sawah dan Lahan Kering. Penebar Swadaya, Jakarta.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian. 2010. Rencana Strategis Tahun 2010 – 2014 . Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian. Jakarta: Kementrian Pertanian.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuantan Singingi, 2018. Statistik Kuantan Mudik 2018 : Badan Pusat Statistik

Mardikanto, Totok. (1993). Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Sebelas Maret. Surakata: University Press.

Mosher, A. T. (1997). Menggerakkan dan Membangun Pertanian. Jakarta :Yasa Guna.

Published
2021-12-18
Abstract viewed = 477 times
PDF downloaded = 422 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>