PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK KELAS X SMA/MA SEDERAJAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran lectora inspire pada materi struktur atom untuk kelas X SMA/MA sederajat. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model 4D (define (pendefenisian), design (perencanaan), develop (pengembangan) dan dessininate (penyebaran)). Namun, pada penelitian ini tidak dilakukan tahapan penyebaran (dessininate). Hal ini dikarenakan penelitian ini sebatas menguji kelayakan pada pengembangan media pembelajaran lectora inspire. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar validasi. Lembar validasi tersebut memiliki 20 butir pernyataan dengan 4 pilihan jawaban disetiap lembar validasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa media pembelajaran lectora inspire memenuhi kategori yang sangat valid. Hal ini berdasarkan dari hasil persentase ahli media yang diperoleh sebesar 96,25% dan ahli materi sebesar 95,63%. Dan hasil yang diperoleh dari respon guru sebesar 96,88% dengan kategori sangat baik serta hasil yang diperoleh dari respon sisswa sebesar 85,39% dengan kategori sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lectora inspire layak untuk digunakan.