ANALISIS PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN (MDP) BINA MARGA 2017 (STUDI KASUS PADA RUAS JALAN PENDIDIKAN SIMPANG TIGA KEBUN NENAS)

  • Jeri Nopriyus Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Gusmulyani Gusmulyani Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Perkerasan Kaku, Perencanaan Jalan, MDP 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan tebal perkerasan yang akan dibutuhkan agar di Jalan Pendidikan Simpang Tiga Kebun Nenas mampu mendukung beban kendaraan yang sesuai dengan umur rencana yang telah ditentukan. Pengambilan data pada penelitian ini di peroleh dengan survey selama 3 hari yaitu hari Senin sampai hari Rabu pukul 07.00 – 17.00 WIB. Penelitian ini meliputi survey lalu lintas harian, nilai CBR tanah dasar, kondisi existing jalan. Setelah diperoleh data survey lapangan maka dilakukan perhitungan tebal perkerasan kaku (rigid pavement) menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP) 2017. Dari hasil perhitungan didapatkan tebal perkerasan kaku untuk (UR) 40 tahun ruas Jalan Pendidikan Simpang Tiga Kebun Nenas adalah 26,5 cm, lapis fondasi (LMC) 10 cm, lapis Drainase (LFA kls A) 15 cm, tulangan ruji (dowel) berdiameter 33,125 mm dengan Panjang 45,5 cm, dan jarak 30,5 cm, tulangan pengikat berdiameter 16 mm, Panjang 70 cm dan jarak 75 cm.

References

Ardiansyah , R., & Sudiboyo, T. (2020). Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku untuk Penggantian Kolom Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Elevated Jakarta – Cikampek II. Jurnal Teknik Sipil dan Lungkungan, 17-30.

Indonesia. (Lembaran RI Tahun 2004 nomor 03). Undang-Undang No 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Jakarta. Diambil kembali dari Lembaran RI Tahun 2004 nomor 03.

Indra, J. (2020). Analisa Struktur Perkerasan Jalan Metode MDP No. 02/M/BM/2017 Pada Pekerjaan Peningkatan Jalan Moteng A – Bangkat Monteh (DAK). Tesis Sarjana Universitas Muhammadiyah Mataram.

Zohri, S., Sutrisno, W., & Priyatno, A. (2019). Analisis Tebal Perkerasan Kaku Pada Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo Berdasarkan Metode Bina Marga (Manual Desain Perkerasan 2017) dan AASHTO (1993). 1-9.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2017). Modul 1 Konsep Dasar dan Konstruksi Perkerasan Kaku. 58.

Kompas. (2020, November 12). Pengertian Jalan dan Jalan Raya. Diambil kembali dari Kompas.com: https://www.kompas.com

Manual Desain Perkerasan Jalan. (2017). Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga.

Nababan, D. S., Utary, C., & Murdin, Z. D. (2021). Analisis Perencanaan Ulang Perkerasan Kaku Dengan Metode Manual Desain Perkerasan (MDP 2017). Musamus Journal of Civil Engineering, 1-10.

Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003. (2003). Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. Jakarta.

Rizki, M. A. (2021). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Dengan Metode Manual Desain Perkerasan Bina Marga 2017 dan Metode AASHTO 1993 Pada Jalur Lingkar Kuningan – Ciamis Jawa Barat. Tesis Sarjana (S1), Universitas Muhammadiyah Malang.

UNIKS. (2019). Sejarah UNIKS. Diambil kembali dari uniks.ac.id: https://uniks.ac.id/pages/54/Sejarah-UNIKS.html

Rositi, D. (2019). “Analisis Tebal Lapis Perkerasan Lentur (Flexible Pavement) Dengan MEetode Analisa Komponen SKBI 1987 DAN Metode AASHTO 1993”. Teluk Kuantan.
Published
2022-12-30