PEMELIHARAAN TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI DESA SIBEROBAH KECAMATAN GUNUNG TOAR

  • Wahyudi Wahyudi
  • Elfi Indrawanis
  • Tri Nopsagiarti
  • Deno Okalia
  • Chairil Ezward
  • A Haitami
  • Seprido Seprido
  • Pebra Heriansyah
  • Gusti Marlina
  • Desta Andriani
Keywords: Pemeliharaan, Sawit, Siberobah

Abstract

Dalam perekonomian makroekonomi Indonesia, industri minyak sawit memiliki peran strategis, antara lain penghasil devisa terbesar, lokomotif perekonomian nasional. Salah satu kendala yang dihadapi para petani kelapa sawit di Desa Siberoba adalah perawatan yang kurang optimal termasuk didalampemupukan tanaman belum menghasilkan.Petani yang memiliki ilmu pengetahuan yang kurang memadai dalam perawatan tanaman kelapa sawit, seringkali tidak melakukan pertimbangan konsistensi dalam teknis perawatan.Keadaan ini menimbulkan berbagai mudarat yang pada akhirnya merugikan petani yang pada akhirnya berdampak kepada pendapatan petani.Adapun metode pengabdian yang dilakukan adalah memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang teknik pemupukan tanaman belum menghasilkan.Mulai dari persiapan pemupukan sampai tanaman bisa siap dipupuk.Berdasarkan data penyebaran kuesioner dari dua variabel yang dinilai yaitu kemampuan komunikasi dari tim pengabdian dan pengetahuan petani. Penilaian yang tertinggi pada variabel kemampuan komunikasi tim pengabdian terdapat pada jawaban 4 (mampu) yaitu 76%, sedangkan untuk variabel pengetahuan petani jawaban yang paling tinggi terdapat pada jawaban 4 (dapat menjawab 3 jawaban) yaitu 40%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim.(2014). Aplikasi Pemupukan Pada TBM Kelapa Sawit.http://jacq-planter.blogspot.com/2014/09/aplikasi-pemupukan-pada-tbm-kelapa-sawit.html. Diakses pada tanggal 10 Agustus 2021.

Faisal, h,n., 2017.respon petani terhadap peranan penyuluh pertanian lapangan di kecamatan ngunut kabupaten tulungagung. jurnal agribisnis fakultas pertanian unita –oktober 2017. hal 17-23.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia.(2015). Statistik perkebunan kelapa sawit Indonesia2013–2015. Jakarta: Kementerian Pertanian.

Riwandi. 2002. Rekomendasi pemupukan kelapa sawit berdasarkan analisis tanah dan tanaman. Akta Agrosia 5(1):27-34.

Saputra, R.A., 2011. Evaluasi pemupukan pada kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Kebun Radang Seko Banjar Balam, PT Tunggal Perkasa Plantations, Indragiri Hulu, Riau.[Skripsi].Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Suhardiyono. 1990. Penyuluhan Petunjuk Bagi Penyuluhan Pertanian. Jakarta: Penerbit Erlangga. Jakarta.

Published
2021-12-18
Abstract viewed = 2936 times
PDF downloaded = 1969 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>