PEMANFAATAN KEARIFAN LOKAL “BIJI KARET “SEBAGAI CEMILAN YANG BERNILAI EKONOMIS DI DESA BANJAR BENAI

  • Andi Alatas
  • Mashadi Mashadi
  • Meli Sasmi
  • Haris Susanto
  • Jamalludin Jamalludin
  • Chezy WM Vermila
  • Nariman Hadi
  • Eldipalma Kesambamula
Keywords: PKM, Biji Karet, Pengolahan, Keripik biji karet

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Desa Banjar Benai ini adalah untuk memberikan pengertian, pemahaman, dan cara pengolahan Biji karet menjadi makanan cemilan berupa keripik biji karet Manfaatnya adalah selain para petani mendapatkan pengetahuan serta pengalaman dalam hal untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut melalui potensi yang bisa dikembangakan yaitu pemanfaatan biji karet menjadi cemilan atau makanan ringan yang bisa menghasilkan nilai ekonomis. Adapun strategi yang dipergunakan untuk mendukung realisasi program pengabdian masyarakat ini adalah dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan, Mendorong dan memotivasi, sehingga dapat meningkatkan kesadaran akan potensinya dalam menciptakan suasana untuk pengembangan usaha agribisnis Dalam meningkatkan kesadaran akan potensinya. Hasil kegiatan PKM yang telah dilaksanakan oleh Tim Program Studi Agribisnis di Desa Banjar Benai antara lain Antusiasisme peserta dalam  mengikuti kegiatan PKM ditandai dengan keinginan untuk adanya kelanjutan kegiatan ini dimasa yang akan datang. Potensi untuk pengembangan Pemanfaatan kearifan local biji karet sangat terbuka, mengingat lahan dan keadaan lingkungan memadai, dalam hal ini banyak terdapa kebun-kebun tanaman karet yang banyak menghasilkan biji karet untuk dapat dimanfaatkan secara maksimal, baik untuk diolah menjadi makanan ataupun untuk kerajinan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakhrin, Rahmi, dkk. (2013). “Studi Pembuatan Tempe Dari Biji Karet”,Agrium.
Kusnanto, Febri. (2013). “Pengaruh Waktu Fermentasi Terhadap Kadar ProteinDan Daya Terima Tempe Dari Biji Karet (Hevea Brasiliensis) SebagaiSumber Belajar Biologi SMA Pada Materi Bioteknologi Pangan”,JurnalBioedukasi. Vol. 4, No. 1.
Maryadi, (2005).Manajemen Agribisnis Karet. Yogyakarta: Gadjah MadaUniversity Press.
Novia, Haerani, dkk. (2009). “pemanfaatan biji karet sebagai semi drying oildengan metode ekstraksi menggunakan pelarut n-heksana”,Jurnal TeknikKimia ,No. 4, Vol. 16
Ramdan, Rivai Reza, dkk. (2015). “Pengembangan potensi biji karet(Heveabrasiliensis)sebagai bahan pangan alternatif di Bengkulu Utara”,ProsSem Nas Masy Biodiv Indon,Vol. 1, No. 2.Tim Penebar Swadaya. (2008).Panduan Lengkap Karet,Jakarta: PenebarSwadaya.
Published
2022-06-06
Abstract viewed = 542 times
PDF downloaded = 535 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>