LEGUM Indigofera Zollingeriana SEBAGAI GREEN CONCENTRATE UNTUK PENGGEMUKAN SAPI POTONG DI DESA PULAU PADANG, KECAMATAN SINGINGI

PKM 2023

  • Infitria Infitria Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Pajri Anwar Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Jiyanto Jiyanto Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Yoshi Lia A Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Mahrani Mahrani Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Imelda Siska Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: green consentrate, Indigofera zollingeriana, pakan, ternak

Abstract

Salah satu permasalahan peternakan sapi adalah rendahnya ketersediaan nutrisi pakan ternak. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait legum Indigofera zollingeriana sebagai green concentrat untuk penggemukan sapi potong. Teknik pemberian green concentrate kepada ternak sapi dan kerbau dalam bentuk segar, dan campuran tepung Indigofera z pada pakan. Manfaat dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu masyarakat  mengetahui legum Indigoera z sebagai green concentrate berkualitas dengan kandungan protein kasar yang tinggi dan mampu memenuhi kebutuhan nutrient ternak. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Islam Kuantan Singingi bertempat di Pulau Padang, Kecamatan Singingi. Metode pelaksaan program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan yaitu dalam bentuk sosialisasi penyuluhan penjelasan penggunaan Indigofera sebagai green concentrate pakan berkualitas untuk penggemukan sapi potong. Hasil dari pengabdian dapat dilihat bahwa semangat dan antusias masyarakat yang hadir dalam mengikuti kegiatan serta keinginannya untuk menanam legum Indigofera dan menjadikan sebagai pakan berkualitas. Program studi peternakan telah melakukan transfer ilmu, teknologi, sasialisasi, pelatihan dan pembinaan yang di butuhkan oleh masyarakat peternak Pulau Padang. Untuk selanjutnya pakan hijauan ternak Indigofera z perlu di budidayakan di pulau padang, sehingga peternak bisa memberikan pakan green concentrate secara berkelanjutan untuk penggemukan sapi potong yang dipelihara peternak di Pulau Padang. Jika proses budidaya pakan Indigofera ini berhasil dilakukan masyarakat dan peternak maka kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ternak tercukupi sehingga di dapatkan bobot badan yang diharpakan sehingga akan meningkatkan nilai ekonomi peternak.

References

Abdullah, L. 2014. Prospektif Agronomi dan Ekofisiologi Indigofera zollingeriana sebagai Tanaman Penghasil Hijauan Pakan Berkualitas Tinggi. Pastura 3:79–83.

Abdullah L, Suharlina. 2010. Herbage yield and quality of two vegetative parts Indigofera zollingeriana at differen time of first regrowth defoliation. Med. Pet. 33:44-49.

Agustono.B, Lamid.M, Ma’ruf.A, dan M.T.E. Purnama 2017. Identifikasi limbah pertanian dan perkebunan sebagai bahan pakan inkonvensional di banyuwangi. Jurnal Medik Veteriner. 1 (1) : 12-22

Hassen, A., N.F.G. Rethman, and Z. Apostolides. 2006. Morphological and agronomic characterisation of Indigofera species using multivariate analysis. Trop. Grasslands 40:45–59 Diakses dari: http:// citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/d?doi=10.1.1.581.4 132&rep=rep1&type=pdf.

N Mayasari, Lia Budimulyati Salman, Endang Yuni Setyowati, M. Rifqi Ismiraj. 2019. Pembuatan Ransum Komplit Dengan Pemanfaatan Indigofera Zollingeriana Dan Mineral Anorganik: Peningkatan Kesehatan Dan Produktivitas Sapi Perah Pada Kelompok Ternak Sapi Perah Ksu Tandangsari, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Jurnal Unpad.

Tarigan A., dan S. P. Ginting. 2011. Pengaruh taraf pemberian Indigofera zollingeriana. terhadap konsumsi dan kecernaan pakan serta pertambahan bobot hidup kambing yang diberi rumput Brachiaria ruziziensis. JITV Vol. 16 No1 Th. 2011 : 25-32. Diakses dari: http://lolitkambing.litbang. pertanian.go.id/ind/images/stories/jitv_2.pdf

Published
2023-12-30