PENGARUH PEMBERIAN AIR BUAH MENGKUDU (Morinda Citrifolia Linn)TERHADAP ORGAN DALAM AYAM BROILER

  • Ridho Dollar Mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian
  • Jiyanto Jiyanto Dosen Prodi Peternakan Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kuantan Singingi.
  • Pajri Anwar Dosen Prodi Peternakan Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kuantan Singingi.
Keywords: Broiler, Empedu, Feed Aditive, Mengkudu, Organ dalam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian air buah mengkudu (morinda citrifolia linn) ke dalam air minum terhadap persentase organ dalam ayam broiler CP 707. Penelitian ini dilaksanakan selama 35 hari dan bertempat kendang UPT Universitas Islam Kuantan Singingi, Kec. kuantan tengah, Kab Kuantan Singingi. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan 5 ulangan. Setiap ulangan terdiri dari 5 ekor ayam broiler. Perlakuan yang diberikan P0 (kontrol), P1 (5 ml air buah mengkudu), P2 (10 ml air buah mengkudu), P3 (15 ml air buah mengkudu). Parameter yang diamati adalah persentase empedu, persentase hati, dan persentase jantung ayam broiler. Hasil penelitian menunjukkan pemberian air buah mengkudu tidak berpengaruh nyata (P>0,050) terhadap persentase empedu, hati, dan jantung. Perlakuan terbaik dalam penelitian ini adalah pada perlakuan P3 dengan pemberian air buah mengkudu 15 ml dengan persentase rataan empedu 0,9 %, persentase hati 1,82 %  dan, persentase jantung 0,4 %. Kinerja organ dalam empedu, jantung dan hati dalam kondisi normal dan tidak memberikan pengaruh nyata terhadap parameter  yang di amati.

References

Anwar, K., Triyasmono, L. 2016. Kandungan Total Fenolik, Total Flavonoid Dan Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia L). Jurnal Pharmascience. 3(1): 83-92.

Akbar, M and Rosyidin, C. 2016. Pengaruh Pemberian Sari Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia Linn) Dalam Air Minum dan Frekuensi Pemberiannya Terhadap Peforma Ayam Broiler. Prodi Peternakan Fakultas Pertanian UNISKA. Kediri.

Fenita, Y. 2008. Pengaruh Pemberian Air Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia Linn) Terhadap Peforma dan Berat Organ Dalam Ayam Broiler. Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Bengkulu.ISSN 1978-3000.

Fahik F.V Charles V. Lisnahanb ,dan Gerson F. Birac (2021). Pengaruh suplementasi L-Arginin dalam pakan terhadap organ pencernaan ayam broiler. Jurnal Peternakan Fakultas Pertanian Timor, Serial Number 2502-1869.

Haribi, R., S. Darmawati dan T. Hartiti. 2009. Kelainan Fungsi Hati dan Ginjal Tikus Putih (Rattus Norvegicus L.) Akibat Suplementasi Tawas dalam Pakan. Jurnal Kesehatan. 2 (2): 11-19.

Kurniawan D. 2015. Pengaruh penggunaan tepung mengkudu (morinda citrifolia). Sebagai feed additive terhadap mikroflora usus halus dan profil asam lemak daging itik hibrida.Universitas Brawijaya. Malang.

Rahayu, N., Sujana, E., Darana S. 2013. Pengaruh Pemberian Air Minum Mengandung Sari Buah Mengkudu (Morinda citrifolia linn) terhadap Edible dan In-Edible Ayam Broiler. 1-8.

Rahayu, I., T. Sudaryani dan H. Santosa. 2011. Panduan lengkap ayam. Penebar Swadaya Jakarta.

Ressang, A. A, 2005. Patologi Khusus Veteriner. Edisi Ke 2. Pencetakan Bali, Bali.

Rukmana, R.2010. Mengkudu Budi Daya dan Prospek Agrobisnis. Kanisius.Yogyakarta.

Santoso, Hari dan Titik Sudaryani, 2011 Pembesaran Ayam Pedaging Hari per Hari di Kandang Panggung Terbuka. Jakarta : Penebar Swadaya.

Simamora, N. 2011. Peforma Produksi dan Karakteristik Organ Dalam Ayam Kampung Umur 12-16 Minggu Yang Diinfeksi Cacing Ascaridia Galli Dan Disuplementasi Ekstak Daun Jarak Pagar (Jatropha Curcas Linn). Skripsi Fakultas Peternakan IPB . Bogor

Siregar, D.Z. 2011persentase Karkas Dan Pertumbuhan Organ Dalam Ayam Broiler Pada Frekuensi Dan Waktu Pemberian Pakan Yang Berbeda. Skripsi . Fakultas Perternakan. IPB.

Syahrudin, E., H. Abbas., E. Purwati dan Y. Heryandi. 2012. Aplikasi mengkudu sebagai sumber antioksidan untuk mengatasi stress ayam broiler di daerah tropis. J. Peternakan Indonesia. 14(3): 411 – 424.

Wasito, W, M. 2005. Pengaruh Berbagai Faktor Lingkungan Terhadap Gala Tubuh Ayam Broiler. (Disertasi) Universitas Padjajaran Bandung.

Yusuf. Z. 2007. Pengaruh Pemberian Silase Ransum Komplit Terhadap Organ Dalam ItikMojosari Alabio Jantan.

Skripsi. Program Studi Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak. Fakultas Peternakan.Institut Pertanian Bogor.

Published
2023-03-01